News

Kalbis Institute Buka Program Studi Perhotelan, Wadah Pendidikan Bagi Anak Bangsa

TRIBUNBANTEN,COM, JAKARTA – Lembaga Kalbis Institute membuka program studi Perhotelan.

Program studi Perhotelan dibuka untuk umum atau khusus (untuk karyawan-karyawan hotel yang akan menjadi Executive Development Program).

Untuk meningkatkan program studi Perhotelan, pihak Kalbis Institute bekerjasama dengan salah satu lembaga perhotelan di Indonesia yaitu Enhaiier Corporation.

Rektor Kalbis Institute, Naik Henokh Parmenas, mengatakan kerjasama ini menjadi salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan serta turut dalam penyelenggaraan Tridharma Pendidikan.

“Yang tetap dilakukan baik dengan pengembangan dosen, peningkatan kualitas penelitian dan publikasi, perbaikan sarana dan prasarana juga pelaksanaan kerjasama dengan berbagai organisasi baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya, dalam keterangannya, Senin (7/12/2020).

Melalui kerjasama itu, kata dia, pihaknya meyakini mampu meningkatkan kualitas institusi Kalbis Institute untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan mewujudkan cita-cita bangsa ini menuju Indonesia Maju.

Kolaborasi ini berfokus kepada pengembangan untuk program studi perhotelan baik di level sarjana maupun pascasarjana.

Hal ini sejalan dengan rencana pembukaan program studi yang baru yaitu Program Studi Perhotelan yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang perhotelan di tingkat sarjana dan pascasarjana.

Tidak hanya itu, Enhaiier corporation sepakat untuk turut berkontribusi dalam pengembangan program studi Perhotelan ini dalam bentuk pengajaran dan dosen tamu.

Inan Madewa selaku Founder Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) meyakini bisa memberikan pembekalan maksimal dalam bidang perhotelan dengan kurikulum yang kekinian mengikut perkebangan dunia pariwisata saat ini.

“Bekerjasama dengan KALBIS Institute yang juga merupakan salah satu perguruaan tinggi swasta yang dikelola secara profesional oleh yayasan pendidikan KALBE, kami yakin kolaborasi ini akan berkembang dengan baik dan menghasilkan lulusan yang terbaik serta dapat menjadi upaya dalam mendukung pemerintah menuju pariwisata yang berkualitas.” ujarnya.

Enhaiier corporation berpengalaman di bidang perhotelan dan pariwisata selama 35 tahun, dari Hotel non bintang, hotel berbintang lima, resort hingga perencanaan kawasan Pariwisata yang ada di Indonesia.

Enhaiier Corporation sendiri adalah lembaga organisasi yang berisi alumni dari NHI atau lebih dikenal National Hotel Institute di Bandung.

Enhaiier Corporation sendiri berfokus sebagai wadah penelitian serta penerbitan buku-buku untuk manajemen hospitaliti dengan nama Enhaiier Corporation, berupa sebuah Perseroan Terbatas dengan nama PT. Niwaran Hospitaliti International (PT. NHI).

Para Pemegang saham serta pengurus PT. Niwaran Hospitaliti International (PT. NHI) akhirnya bersepakat untuk mengembangkan usaha yang dibagi menjadi 4 Divisi Usaha, yaitu Hotel Management & Tourism Consultant, Learning Center, Event Management, and Publishing.

Penandatangan kerjasama secara resmi dilaksanakan pada hari Selasa, 24 November 2020 di Milano Chamber, G.H. Universal Hotel Bandung yang ditandatangani oleh Rektor KALBIS Institute Bapak Naik Henokh Parmenas, S.H., M.M. dan Bapak Inan Madewa selaku Founder Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA).

Penandatangan kerjasama ini juga dihadiri oleh beberapa tamu penting seperti Dr.Hermeindito Ka’aro sebagai wakil rektor bidang akademik Kalbis Institute, Tjong Budi Santoso, Ph.D selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan Kalbis Institute, Dr. Joseph MJ Renwarin sebagai Direktur Pascasarjana Kalbis Institute, dan Pricilia Johani Sakti, M.M. selaku Head of Admission Pascasarjana Kalbis Institute.

Sedangkan dari pihak Enhaiier Corporation juga dihadiri oleh beberapa pejabat seperti Rachmat Solahuddin selaku Komisaris Enhaiier Corporation, Thamrin Bhiwana Bachir selaku Komisari Enhaiier Corporation, I Gusti Putu Laksaguna selaku Komisaris Enhaiier Corporation, Anang Sutono sebagai Board of Director sekaligus Staf Ahli Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Iwan Rismawardani selaku Board of Director sekaligus Chairman Indonesia Hotel Manager Association Jawa barat ,serta lebih oleh 30 tamu undangan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Board of Director GM Association.

source: banten.tribunnews.com